ISRA’ MI’RAJ
Rincian
peristiwa
Rosulullah ﷺ di-isra’-kan (diperjalankan ) dengan jasadnya
ke Masjidil Haram ke Baitul Maqdis dengan mengendarai buraq, dan ditemani oleh
maalaikat Jibril alaihisalam. Kemudian disana beliau singgah dan menjadi imam shalat bagi para nabi.
Sementara buraq diikat di lingkaran pintu Masjidil Aqsha.
Pada malam itu juga, beliau dengan
buraq-nya Mi’raj (naik) dari Baitul Maqdis ke langit dunia. Satu demi satu
lapis langit beliau lewati, dan setiap beliua melewati sebuah lapis langit
beliau menemui para nabi, mulai dari Nabi Adam as. Dilangit pertama hingga Nabi
Ibrahim as. Dilangit ke tujuh. Beliau memberikan salam kepada mereka, dan
mereka menyambutnya dengan menjawab salam beliau seraya mengakui kenabian beliau ﷺ
Kemudian beliau anik lagi ke Sidratul
Muntaha, lalu naik lagi ke Baitul Makmur. Kemudian beliau naik lagi menemui ﷲ Ta’ala. Beliau mendekat
kepadanya, lalu ﷲ memberi wahyunya yaitu tentang perintah shalat sebanyak lima
puluh waktu dalam sehari.
Setelah itu beliau kembali, lalu menemui
Nabi Musa as. Beliau bertanya: “Apa yang diperintahkan allah
kepadamu?”, beliau menjawab: “ Lima puluh shalat”, Nabi Musa as. Berkata
lagi: “umatmu tidak akan kuat dengan perintah itu, kembalilah menemui
Tuhan-mu, mintalah keringanan untuk
umatmu !”. kemudian Rosulullah ﷺ bersma Jibril kembali
menemui ﷲ Ta’ala.
Begitu seterusnya beliau bolak-balik antara menemui ﷲ
Ta’ala dan
Nabi Musa as untuk meminta keringanan kewajiban shalat bagi umatnya. Hingga
akhirnya Allah memberikan kewajiban kepada Rosulullah ﷺ untuk kembali,
namun kalia ini Rosulullah ﷺ menolaknya karena merasa malu sudah sekian kali minta
keringanan dari ﷲ Ta’ala.
Pada
peristiwa Isra’ Mi’raj, Rosulullah ﷺ diperlihatkan
beberapa hal, diantaranya:
§ Rosulullah
ﷺ ditawarkan khomar
dan susu, beliau memilih susu. Maka kepadanhya: “Engkau telah diberi petunjuk
atas fitrah, seandainya engkau mengambil khamar, maka umatmu akan tersesat”.
§ Beliau
melihat orang-orang yang memakan harta anak yatim, mereka memiliki bibir
seperti bibir onta. Mereka mengambil sepotong api neraka langsung dengan
bibirnya itu, lalu api itu keluar dari duburnya.
§ Beliau
juga melihat mereka yang memakan riba, memiliki perut besar yang karenanya
tidak dapat bergerak.
§ Mereka
milhat para penzina. Di hadapan mereka terdapat daging segar yang baik dan
disampingnya terdapat daging bangkai berau busuk. Merek memakan bangkai yang
berbau busuk tersebut dan meninggalkan daging yang baik.
Sekembalinya dari Isra’ Mi’raj, keesokan
harinya, Rosulullah ﷺ
menyampaikan kebesaran ﷲ
tersebut ke[da kaumnya, namun nereka mengingkari dengan keras. Mereka meminta agar Rosulullah ﷺ menjelaskan ciri
Masjidil Aqsha. Maka ﷲ memperlihatkan baginya mesjid tersebut sehingga beliau dapat
melihatnya dengan jelas. lalu beliau tergkan ciri-cirinya sehingga mereka
takdapat membantahnya. Selanjutnya Rosulullah ﷺ mengabarkan
rombongan yang dilihatnya ketika pulang dari Iasra’ Mi’raj, maka beliau
sampaikan tentang waktu kedatangannya bahkan
disampaikan pula onta ynag berda di depan rombongan tersebut, ternyata semuanya
persis seperti apa yang beliau sampaikan. Namun dengan semua itu orang-orang
kafir justru mengingkari Rosulullah ﷺ dan semakin bertambah kekafirannya.
Diriwayatkan
bahwa julukan Ash-Shiddiq (Yang Membenarkan) bagi Abu Bakar ash-Shiddiq berawal dari pembenaran beliau
terhadap peristiwa Isra’ Mi’raj yang Rosulullah saw lakukan sementar
orang-orang kafir mendustakannya.
Al-Qur’an menjelaskan dengan ringkas
tujuan dari perjalanan Isra’ MI’raj dalam ayatnya:
لِنُرِ يَه،مِنْ ءَا يٙتِنَا ح ۞ ) سو رةالاسراء (
“Agar
kami perlihatkan kepadanya sebagaian dari tanda-tanda (kekuasaan) kami”. [Qs. Al-Isra’: 1)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar